Rabu, 10 Oktober 2012

Nge-Blog Lagi


Ngeblog lagi, lagi-lagi ngeblog, ya ini adalah blog yang aku buat entah yang keberapa, yang pasti blog-blog sebelumnya hampir sudah tidak pernah di update lagi, jangankan di update, dilirik, dbuka, diraba dan di terawang juga ga pernah, ya itulah karena motivasinya kurang betul, hangat-hangat tahi ayam, pertamanya aja semangat buat blog tapi selanjutnya ya bisa dikatakan sama sekali tidak ingat kalau aku punya blog.

       Okelah yang lalu biarlah berlalu, blog yang dahulu dibuat biarkan menjadi kenang-kenangan, saat ini aku buat blog lagi, berkat sisa-sisa pelajaran yang masih diingat, comot sana-comot sini, baca sana-baca sini, jadilah blog ini, ya seperti inilah jadinya, alhamdulillah masih bisa    buat blog, walaupun tentu saja jauh banget dibandingkan blog para blogger yang sudah sangat wow, luar biasa, mulai dari tampilan maupun isinya. 

       Motivasi membuat blog kali ini semata ingin berbagi ilmu, menuangkan apa yang ada dipikiran untuk dibagikan kepada semua orang di dunia, aku pernah membaca sebuah kutipan, jika menulis di Facebook atau Twiter maka yang mendapat ilmu hanya teman-teman yang berteman saja yang mengetahui dan mendapat manfaatnya, namun apabila menulis di blog maka seluruh orang di dunia akan dapat membacanya, nah kan mantap tuh makin banyak yang dapat ilmu dan informasi dari kita makin banyak pahala yang kita peroleh.
         
           Ngeblog buat apa sih, wah jangan salah, lewat blog kita bebas menulis dan mengkritik, berbagi, berekspresi, saling memberikan ilmu, informasi, bahkan mendapat uang, masa iya ngeblog bisa dapat uang, ya bisalah, sudah terlalu banyak blog yang di bukukan, atau buku yang berasal dari blog, coba tengok Raditya Dika, dari blog ke buku ke layar lebar, tuh satu, yah masa satu doang mana lagi???
ya udah kalau ga percaya tuh dah klik tanya sama paman, om, prof Google....

           Lanjut, menganai blog, kira-kira awalnya gimana yah bisa muncul blog ini??, jadi begini blog itu muncul karena adanya internet, kalau ga ada internet mungkin blog ga akan pernah muncul, diary yang ada, pernah punya diary kan, ya mungkin anak jaman 90-an masih suka ngisi-ngisi diary, kalau jaman udah milenium mungkin udah hampir punah diary, wah ngarang nih jawabnya, ya emang ngarang tapi setelah googling dapatlah rangkumannya seperti ini :

     Pada awal kemunculannya blog dahulu dikenal sebagai diary online. Pioner dari internet-based journalist ini yang berperan besar dalam awal perkembangan blog adalah Justin Hall yang untuk pertama kalinya membuat diary online di Justin Links From The Underground ketika ia masih duduk di bangku pendidikan Swarthmore College.
Pada tahun 1997, Jorn Barger yang merupakan seorang programmer pengelola diary online bernama robot wisdom membuat istilah weblog yang diambil dari kata logging the web. Seperti yang kita tahu jika logging berarti masuk. Jadi, logging the web berarti masuk ke webstie.
        Pada tahun 1998, sudah ada beberapa website yang dikategorikan sebagai sebuah blog. Pada masa ini blog masih sulit hanya blogger yang berpengalaman di dunia internet, system administration, atau web designer sajalah yang bisa memiliki blog pribadi.
Memasuki tahun 1999, nasib dunia blogging sudah mulai berubah secara signifikan. Karena saat itu muncul blogger.com yang menjadi platform situs penyedia layanan pembuatan blog secara gratis yang diluncurkan pertama kali oleh perusahaan silicon valley bernama Pira Lab pada Agustus 1999. Pada tahun ini Peter Merholz merubah istilah weblog menjadi wee-blog, hingga akhirnya hanya menjadi blog saja.
     Pada tahun 2002, Google mengakuisisi blogger.com dari perusahaan pemilik sebelumnya. Akibatnya, blogger.com pun semakin berkembang menjadi situs penyedia jasa pembuatan blog secara online dan gratis yang dilengkapi fitur-fitur yang semakin menunjang kemudahan para blogger dalam membuat dan mengembangkan blog pribadi mereka masing-masing. 
       Nah di Indonesia gimana???, begini ceritanya....
     Di Indonesia sendiri, awal perkembangan blog dimulai sekitar tahun 2000an. Saat itu blog mulai diperkenalkan oleh para pelajar yang berkuliah diluar negeri yang pulang ke Indonesia dan membawa blog universitas yang dimilikinya sewaktu berkuliah dulu. Mulai tahun 2004, jumlah blogger di Indonesia terus bertambah hingga sekarang ini.
(Dikutip dari : Panduan Belajar Blog)

       Oke paham, itulah awal mulanya blog, sangat-sangat-sangat menguntungkan dan banyak manfaatnya memiliki blog, misalnya nih kamu punya resep makan yang sangat enak, nah daripada di catet di buku yang kemungkinan bisa robek atau hilang, lebih baik di publish di blog, banyak yang baca, banyak yang praktekin, pastinya kamu akan dapat pahala, okeh, mari manfaatkan media yang samakin mudah saja, tentunya untuk kebaikan agar sebagai bekal kita nanti, .

Rabu, 10 Okt malam di kost yang sepi...

3 komentar:

sama aku juga mau mulai blog lagi dari pada bikin status di FB, mending di blog aja

Bisa juga postingan di blog di share di FB, suapay lebih banyak yang baca postingan yang kita buat di blog

makannya blog itu enaknya nulis yang enak enak apa yang dibutuhin orang, pasti deh memberikan kepuasan tersendiri yang ga ternilai dengan uang hehe

Posting Komentar